Hakikat Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Menulis di SD

Sabtu, 29 Desember 2012

Menulis yang dipandang sebagai kegiatan seseorang dalam menempatkan sesuatu pada sebuah dimensi ruang yang kosong adalah salah satu kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa tulis. Kemampuan menulis ini tidaklah berdiri sendiri, melainkan saling berhubungan dengan kemampuan lain. Alexander (1972) dalam buku Practice and Progress menyatakan, “Nothing should be spoken before it has been heard, nothing should be read before it has been spoken, nothing should be written before it has been read”.
Menulis itu berhubungan dengan membaca, mewicara dan menyimak. Baik menulis maupun membaca, mewicara dan menyimak memiliki fungsi untuk manusia dalam mengomunikasikan pesan melalui bahasa. Pesan itu menurut Syafi’ie (1988) berupa ide, kemauan, keinginan, perasaan maupun informasi. Jadi, tujuan utama dari pembelajaran menulis adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengomunikasikan pesan melalui bahasa tulis.
Ada sejumlah asumsi yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran menulis. Pappas (1995) mengajukan tiga asumsi, yakni sebagai berikut.
a.    Children (all human) are active, constructive learners.
b.    Language is organized in different ways and in different patterns or registers, because it is used for different purposes in different social contexts.
c.    Knowledge is organized and constructed by individual learners through social interaction.
Sejalan dengan itu berarti siswa hendaknya dipandang sebagai individu yang memiliki kemampuan untuk memahami (belajar) secara aktif dan konstruktif. Bahasa memiliki cara yang berbeda-beda dalam penggunaannya, termasuk dalam menulis. Perbedaan itu diakibatkan oleh perbedaan pola, system, symbol yang digunakan dalam suatu bahasa akibatnya adanya perbedaan tujuan dan konteks social. Pengetahuan tentang menulis dapat dimiliki oleh siswa melalui interkasi social, yakni pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan potensi siswa.
bersambung. . . .  (jika mau seluruhnya silahkan download dibawah ini)
 
====download=====
4shared klik disini




0 komentar:

Posting Komentar

 
eRPe :: Serba-serbi seputar dunia belajar mengajar © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions