Perkembangan Bahasa Anak dan Kurikulum KTSP

Sabtu, 29 Desember 2012

diarymr417- Kurikulum KTSP yang digunakan saat ini sudah mengacu pada perkembangan bahasa anak. Penyusunan Standar Kompetensi maupun Kompetensi Dasar dilakukan dan disusun secara bertahap sesuai dengan perkembangan anak dari tingkat rendah yaitu kelas 1 sampai pada tingkat tinggi yakni kelas 6. Standar Kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia terdiri dari 4 keterampilan yang harus dikuasai siswa yang dimulai dengan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menu;is.
Keterampilan menyimak muncul terlebih dahulu disbanding keterampilan berbicara, meskipun pada perjalanannya kedua keterampilan ini saling berhubungan. Keterampilan menyimak akan berdampak pada keterampilan berbicara. Karena anak menyimak apa yang terjadi di sekitarnya dan menirukannya. Setelah beberapa lama, anak akan mencari sumber baru, tidak ada salahnya anak diperkenalkan pada buku. Memang menjadi kesulitan tersendiri, karena tidak gampang menemukan buku yang sesuai dengan perkembangan anak, sebagai contoh tidak semua komik cocok dibaca oleh anak. Keterampilan membaca bisa mencakup keterampilan menyimak dan berbicara, dan membaca. Menulis merupakan keterampilan tertinggi dalam keterampilan bahasa. Dengan menulis anak bisa menuangkan hasil simakannya, berbicara dan membacanya. Bisa disimpulkan bahwa yang pertamkali dipelajari anak adalah keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Jadi, keempat keterampilan bahasa, yaitu : berbicara, menulis, mendengarkan dan membaca hendaklah ditanamkan sebaik-baiknya pada murid-murid di sekolah-sekolah, baik untuk keperluan sehari-hari, maupun untuk keperluan menuntut ilmu pengetahuan selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
eRPe :: Serba-serbi seputar dunia belajar mengajar © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions