Ruang Lingkup Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Menulis di SD

Senin, 31 Desember 2012

diary-mr417.com, sumedang- Pengembangan pembelajaran keterampilan menulis di SD pada dasarnya merupakan peningkatan pencapaian hasil pembelajaran menulis di SD melalui model-model pem-belajaran yang lebih inovatif. Ada sejumlah pertimbangan untuk merumuskan model-model pembelajaran tersebut. Berikut adalah hal-hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam merumuskan model-model pembelajaran menulis di SD.
Setiap anak yang lahir normal secara fitrah sudah dilengkapi dengan alat pemerolehan bahasa; oleh Chomsky alat itu dinamakan Language Acquisition Device (LAD). Dengan alat itu (LAD), anak memiliki potensi menguasai suatu bahasa, terutama bahasa pertama (B1). Potensi bawaan yang dimiliki setiap anak itu tidak bersifat kompleks melainkan hanyalah sejenis kemampuan (kompetensi) yang memerlukan kreativitas dan pengembangan melalui tahap-tahap tertentu. Anak yang menjadi pebelajar (subjek) dalam pembelajaran bahasa kedua (B2) dipandang memiliki potensi untuk memperoleh bahasa kedua (B2) berdasarkan pengalaman pemerolehan bahasa pertama (B1).

0 komentar:

Posting Komentar

 
eRPe :: Serba-serbi seputar dunia belajar mengajar © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions