rumahpembelajaran.com, Sumedang- Dalam sebuah pembelajaran
pendekatan pembelajaran memiki integritas tersendiri dalam penerapannya.
Namun, kadang pendekatan pembelajaran masih belum sepopuler dengan
model pembelarajan atau pun metode pembelajaran. Hal ini karena
kurangnya pemahaman hakikat tersendiri dalam pendeketan pembelajaran
ini. Berikut ini merupakan penjelasan dari hakikat pendekatan
pembelajaran
1. Pengertian Pendekatan
Menurut
Resmini, dkk (2006: 31), “Pendekatan adalah cara seseorang memandang
sesuatu atau cara seseorang menjelaskan suatu fenomena”.
Pendekatan
berguna untuk merumuskan langkah-langkah pencapaian suatu tujuan yang
didasarkan pada pengetahuan secara teori maupun konteks. Oleh karena
itu, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dapat dibatasi
pada cara seseorang memandang atau menjelaskan tentang pembelajaran
bahasa dan sastra Indonesia.
2. Pengertian Pembelajaran
Resmini,
dkk (2006: 49) mengemukakan, “Pembelajaran merupakan kegiatan guru dan
siswa dalam mencapai tujuan”. Dalam pembelajaran, ada guru yang
melaksanakan kegiatan mengajar dan ada siswa yang melaksanakan kegiatan
belajar.
Jadi, pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan
guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran
dapat pula diartikan sebagai bantuan yang diberikan guru agar dapat
terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran
dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada siswa. Dengan
kata lain,
pembelajaran adalah proses untuk membantu siswa agar dapat belajar dengan baik.
3. Pengertian Pendekatan Pembelajaran
Para
ahli mengutarakan berbagai pengertiannya mengenai pendekatan
pembelajaran, di antaranya Sudrajat (2008) mengemukakan bahwa,
Pendekatan
pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang
kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang
terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya
mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran
dengan cakupan teoretis tertentu.
Jadi, dapat dikatakan
bahwa pendekatan pembelajaran ialah aktivitas guru dalam memilih
kegiatan pembelajaran, apakah guru akan menjelaskan pengajaran dengan
materi bidang studi yang sudah tersusun dalam urutan tertentu, ataukah
dengan menggunakan materi yang terkait satu dengan lainnya dalam tingkat
kedalaman yang berbeda, atau bahkan merupakan materi yang terintegrasi
dalam suatu kesatuan multi disiplin ilmu.
Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran harus bertolak dari asumsi kegiatan guru, kegiatan siswa, dan kurikulum.
REFERENSI
Hakikat Pendekatan Pembelajaran
bumirajut
●
Rabu, 02 Januari 2013
Resmini,
dkk. (2006). Pembinaan dan Pengembangan
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search this blog
sponsor
Labels
- artikel (14)
- dunia pendidikan (16)
Popular Posts
-
diary-mr417 Istilah transitif dan taktransitif berkaitan dengan verba (kata kerja) dan nomina (kata benda) yang mengiringinya. Verba trans...
-
diary-mr417.com, sumedang- Pengembangan pembelajaran keterampilan menulis di SD pada dasarnya merupakan peningkatan pencapaian hasil pembela...
-
diary-mr417.com, sumedang - Model pembelajaran ini ditujukan untku meningkatkan keterampilan siswa berinteraksi dengan teks. Kegiatan pembel...
-
Kosakata Bahasa Indonesia Hasil Serapan, Kata Pungut dari Bahasa Asing, kemudian dipungut menjadi Kosakata Bahasa Daerah Alur pengayaan kos...
-
rumahpembelajaran.com, Sumedang- Dalam sebuah pembelajaran pendekatan pembelajaran memiki integritas tersendiri dalam penerapannya. Namun,...
-
diarymr417- Pendekatan koginitv lebih bersifat rasionalis. Konsep dasarnya yakni kemampuan berbahasa seseorang berasal dan diperoleh sebagai...
-
Beberapa Pengertian Mengenai Tata Bunyi a. Fonem, Alofon, dan Grafem Bunyi bahasa yang minimal yang membedakan bentuk dan makn kata dinamaka...
-
Menulis yang dipandang sebagai kegiatan seseorang dalam menempatkan sesuatu pada sebuah dimensi ruang yang kosong adalah salah satu kemampua...
-
diarymr417- Istilah Cybernetics yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi sibernetika, pertama kali digunakan tahun 1945 oleh Nobe...
-
diarymr417- Kurikulum KTSP yang digunakan saat ini sudah mengacu pada perkembangan bahasa anak. Penyusunan Standar Kompetensi maupun Kompete...
Diberdayakan oleh Blogger.
Blog Archive
Labels
- artikel (14)
- dunia pendidikan (16)
0 komentar:
Posting Komentar