Facebook dan Perkembangan Anak

Jumat, 28 Desember 2012

diarymr417- Facebook? Siapa sih yang tidak mengenal facebook. Semua orang pasti mengenalnya mulai dari ragam profesi, hingga yang paling miris ragam usia. Hah? Ragam usia? Maksudnya?
Yupz, ragam usia dimaksudkan tak terbatasnya usia yang menjadikan manusia mengenal dan bahkan menggunakannya.
Sedikit mengulas tentang asal usul facebook yang dahulu saya pernah post. Bagi yang belum baca bisa baca disini).
Facebook atau pun yang lainnya hakikatnya bertujuan untuk menginteraksikan orang ke orang lain. Hal ini yang tersedia disini, beargam orang dari beragam yang telah tadi saya katakan menampakan dirinya di dunia maya ini dengan saling berkomunikasi dengan lainnya.
Ketersediaan interaksi itulah yang menjadikan beragam usia menerjang ini. Pada dasarnya jika mereka yang telah bisa membedakan hitam dan putih itu sih wajar saja (red:orang dewasa). Tapi bagaimana dengan yang tidak????
Di lingkungan saya, anak yang berusia 9 tahun saja sudah mempunyai ini. FACEBOOK. ya, saya pribadi tak habis pikir apa yang salah dengan ini???? Coba kalian bayangkan, anak yang masih belajar berhitung 3 x 3 ini saling sapa menyapa dengan lawan jenisnya. "terima kasih ya sudah dikonfirm," "kamu itu....." waduh, kekacauan menjelma dunia ini.
Lantas saya bertanya pada anak itu, "Pnya facebook juga? terus daftarnya gimana? daftar tahunnya gimana?" Yupz tahun. Coba saja kalian mendaftar ke facebook dengan usia tahun kelahiran 2003 atau bahkan 2000. Apakah kalian bisa mendaftar??? (ingat ini digunakan tanggal 28 Desember 2012). Apakah bisa? Coba jawab sendiri.
Ya, sejatinya zurkenberg dkk, telah meminimalisir dan memproteksi anak-anak / (kanak-kanak) untuk tidak menggunakan facebook. Karena apa? Mereka pasti telah tahu apa akibatnya nanti, dan apa pengaruhnya yang tidak baik untuk masa depannya.
Terus pertanyaannya, Kenapa mereka memiliki facebook???
Jawabannya cuma satu. Kurang proteksi dari orang tua, keluarga atau pun sekolah dalam hal menjaga anaknya dari setiap kegiatan yang dilakukannya.
Terus harus bagaimana dengan ini? Sedini dan secepat mungkin beritahu anak kalin, saudara kalian yang masih berada pada status anak-anak untuk tidak menggunakan facebook saat ini. Karena mereka belum masanya dan belum saatnya untuk menggunakan itu. Karena apa, DIA AKAN DEWASA SEBELUM WAKTUNYA. Yang pasti ini menyangkut perkembangan anak.
bersambung............

(akibat dan seperti apa dewasa sebelum waktu nanti menyusul)

0 komentar:

Posting Komentar

 
eRPe :: Serba-serbi seputar dunia belajar mengajar © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions