Model Pembelajaran EPA Dalam Keterampilan Membaca

Senin, 31 Desember 2012

diary-mr417.com, sumedang - Model pembelajaran ini ditujukan untku meningkatkan keterampilan siswa berinteraksi dengan teks. Kegiatan pembelajaran difokuskan pada pembangkitan dan penghubungan skemata, dengan kebahasaan melali eksplorasi. Untuk itu, teks berfungsi sebagai sumber data yang dieksplorasi oleh sisa dan pembangkitan skemata siswa (aplikasi). EPA adalah singkatan dari Eksplorasi-Penghubungan-Aplikasi.
    Ada beberapa variasi dari model pembelajaran EPA, di antaranya :
a.    Model Pembelajaran EPA 1
    Model pembelajaran EPA 1 ditunjukan untuk meningkatkan kecepatan dan kecermatan siswa dalam mengatur fokus pandangan mata pada teks.
b.    Model pembelajaran EPA 2
    Model pembelajaran EPA 2 ditunjukan untuk meningkatkan kecepatan dan kecermatan siswa dalam mengatur gerakan (arah) fokus pandangan mata pada teks.
c.    Model Pembelajaran EPA 3
    Model pembelajaran EPA 3 ditunjukan untuk meningkatkan kecepatan dan kecermatan siswa dalam merespons data tulisan (teks) yang tidak permanen (sepintas). Dasar pertimbangan dari model ini adalah dalam kehidupan sehari-hari (lingkungan sosial) yang dibaca tidak selalu berbentuk buku atau naskah permanen melainkan ada juga teks yang dibaca sepintas (misalnya tulisan televisi).
d.    Model Pembelajaran EPA 4
Model pemebelajaran EPA 4 ditunjukan untuk meningkatkan keterampilan membaca kamus. Salah satu aspek yang harus di pahami oleh siswa adalah  nilai tempat huruf pada sebuah kata berdasarkan urutuan abjad. Untuk itu, guru harus membekali siswa dengan keterampilan membaca huruf pada kata dan nilai tempatnya berdasarkan urutan abjad.
e.    Model Pembelajaran EPA 5
    Model pembelajaran ini ditunjukan pada saat proses membaca. Salah satu aspek yang harus dipahami oleh guru bahwa gerakan dan fokus pandangan pada saat proses membaca adalah bersifat multidimensional dan dinamis, bersifat multidimensional artinya gerakan pandangan mata pada saat proses membaca tidak selalu satu arah melainkan muti arah. Bersifat dinamis artinya fokus pandangan mata pada saat proses membaca tidak berpusat pada satu titik melainkan gerakan seiring dengan simbol yang ada pada tulisan.

f.    Model Pembelajaran EPA 6
    Model pembelajaran EPA 6 ditujukan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengorganisasikan pesan yang diperoleh dari bacaan (teks) dengan perilaku atau aktivitas yang diharapkan. Salah satu aspek yang harus dipahami guru bahwa setiap teks memiliki isi atau pesan bagi pembaca. Misalnya : pembaca diharapkan dapt melakukan sesatu setelah dia membaca. Dalam model inim siswa diharapkan untuk melakukan satu aktivitas atau kegiatan tertentu setelah membaca.

REFERENSI:

Djuanda, Dadan. Dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Bandung : UPI PRESS

0 komentar:

Posting Komentar

 
eRPe :: Serba-serbi seputar dunia belajar mengajar © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions