Verba Transitif dan taktransitif

Kamis, 27 Desember 2012

diary-mr417   Istilah transitif dan taktransitif berkaitan dengan verba (kata kerja) dan nomina (kata benda) yang mengiringinya. Verba transitif menyatakan peristiwa yang melibatkan dua maujud atau entisitas: manusia, binatang, atau hal yang dapat menjadi titik tolak untuk memerikan peristiwa itu, baik dengan menggunakan verba aktif maupun verba pasif. Sebagian verba transitif menggunakan tiga maujud. Dalam bentuk kalimat aktif, satu maujud berada di muka verba dan dua lainnya di belakang verba. Kategori sintaksis dari ketiga maujud ini adalah nomina.
Contoh:
Dia mengirimi Herlina bunga.
Herlina dikiriminya bunga.
Bunga dikiriminya Herlina.

Dalam tata bahasa tradisional, yang umumnya mengikuti tradisi bahasa Barat, dua nomina yang di belakang verba itu disebut objek langsung dan objek tak langsuung. Mengingat adanya peran sufiks yang dominan dalam bahasa kita, maka dalam buku ini nomina yang langsung berada di belakang verba dan yang dalam
kalimat pasif bisa berfungsi sebagai subjek dinamakan objek, sedangkan nomina yang lain di belakang verba dinamakan pelengkap.
Verba transitif yang mengungkapkan hubungan antara tiga maujud, seperti mengirim-mengirimi-mengirimkan,
memberi- memberikan, menugasi-menugaskan disebut verba dwi transitif atau bitransitif. Verba transitif yang mengungkapkan hubungan antara dua maujud lain disebut verba ekatransitif atau monotransitif.
Objek verba transitif kadang-kadang bisa tidak hadir. Verba seperti membaca bisa dipakai dalam kalimat Dia sedang membaca buku atau Dia sedang membaca. Verba transitif yang objeknya manasukan seperti ini dinamakan verba semitransitif.
Verba yang tidak dapat diikuti objek disebut verba taktransitif misalnya, duduk, bercukur, tertawa, dan  membisu. Ada pula verba taktransitif yang diikuti nomina, tetapi nomina ini berfungsi sebagai pelengkap bukan objek.
Contoh:
Lina menyerupai tantenya.
Tantenya diserupai Lina.

Verba
menyerupai
merupakan

verba taktransitif karena  mengungkapan hubungan dua maujud, sedangkan peristiwa yang dinyatakan hanya diperikan dari segi Lina. Maujud yang kedua itu tantenya adalah pelengkap.

0 komentar:

Posting Komentar

 
eRPe :: Serba-serbi seputar dunia belajar mengajar © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions